Pantai Pangandaran

Kali ini adalah libur semester pertama kali Hanif di Pondok Pesantren Husnul Khotimah Kuningan, tentu saja Hanif sangat merindukan suasana rumah begitupun kami. Karena Hanif belum pernah ke Yogyakarta dan jarak tempuh yang lumayan menghemat jika dari Kuningan, maka kami merencanakan liburan ke Yogyakarta.

Segala keperluan penginapan di Yogyakarta sudah disiapkan jauh-jauh hari. Hanya saja ketika rencana tersebut kami bicarakan ke Hanif anak pertama kami, Hanif lebih menginginkan pergi ke Pantai Pangandaran, alasannya jaraknya lebih dekat dan Hanif lebih menginginkan untuk cepat-cepat pulang ke rumah (Depok), di bandingkan ke Yogyakarta tentu lebih banyak waktu yang di perlukan. Memang kami memberikan 2 pilihan tempat liburan ke Hanif pada saat pengambilan raport dan penjemputan santri/santriwati.

Akhirnya Pantai Pangandaran menjadi pilihan dan kesepakatan kami. Berangkat dari Pondok (Jalaksana Kuningan) tanggal 21 Desember 2014  jam 10.30 WIB Jalur yang kami tempuh adalah Kuningan – Cikijing (Majalengka) – Ciamis – Banjar – Pangandaran. Pemandangan yang kami lalui  sangaaaat menyejukan mata, jalan yang berkelok-kelok dan membuat perut seperti di kocok-kocok,  sehingga saya pun harus menyiapkan kantong kresek hitam😀😀

Setelah hampir  3 jam perjalanan, sudah saatnya perut minta di isi, karena tidak paham lokasi yang ada dalam pikiran kami hanya mencari rumah makan, tidak berapa lama kami melihat satu tempat yang sangat ramai dan banyak parkiran mobil tapi kami tidak jelas melihat ada di mana rumah makannya, akhirnya kami urung berhenti di tempat tersebut. Beberapa meter dari tempat tersebut kami melihat plang Rumah Makan Sederhana, kontan saja kami semua berteriak kegirangan karena menemukan rumah makan masakan padang, tapi alangkah kecewanya ternyata rumah makan tersebut (sudah) tutup.

Kamipun balik arah ketempat yang ramai tadi khawatir kalau tetap melanjutkan perjalanan, jarak ke rumah makan yang lain berjauhan. Rumah makan Jeruk namanya, tempatnya biasa seperti warung-warung rumahan. Sepertinya menjadi tempat makan unggulan ketika melakukan perjalanan antara Ciamis-banjar, dan yang menjadi khasnya adalah sambelnya…..top ! Lauk yang tersedia ayam goreng, tahu tempe, ati ampela, macam-macam pepes. Harganya….? murah meriah🙂

Selesai Ishoma perjalanan dilanjutkan jam 15.00 wib, kecepatan mobil agak di naikkan, dengan maksud bisa melihat sunset…tapi sepanjang jalan hujan deras, pupuslah harapan :(  jam 17.40 kami tiba di pangandaran, karena belum pesan hotel setelah melewati pintu masuk mobil kami tepikan dan mulai searching penginapan, akhirnya kami memutuskan untuk on the spot dan cari yang murah meriah.

Beberapa penginapan yang kami tanyakan banyak yang penuh, akhirnya setelah hampir 1 jam (keliling pantai dan survey penginapan) kami mendapatkan penginapan yang kosong di  Sun In Pangandaran Hotel (SiP), kamar yang tersedia di tipe Deluxe dengan view kolam renang seharga Rp. 400.000,-  setelah check in kami langsung makan  malam di rumah makan sea food yang letaknya berdekatan dengan hotel SiP cukup dengan jalan kaki, setelah selesai kami langsung istirahat.

Jam 5.30 pagi kami keluar hotel jalan kaki menuju pantai timur untuk melihat matahari terbit, setelah itu kami ke pantai barat untuk bermain air. Kondisi pangandaran setelah di terjang tsunami lebih rapih dan tertata,  jauh berbeda keadaannya waktu saya terakhir kali ke pangandaran. Setelah puas bermain air dengan papan seluncur yang kami sewa, kamipun kembali ke hotel sebelumnya bilas badan mengurangi pasir yang menempel  di tempat pemandian umum, walaupun pemandian umum tempatnya bersih dan airnya melimpah ^_^

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.