Bakteri Dalam Darah

Demam adalah suatu keadaan saat suhu badan melebihi 37,5C yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Demam juga bisa merupakan pertanda bahwa sel antibodi kita ( sel darah putih ) sedang melawan suatu virus. Demam juga kerap disertai gejala menggigil yang merupakan indikasi adanya virus, bakteri, atau kuman. Dalam hal ini demam merupakan indikasi mekanisme pertahanan tubuh melawan infeksi atau zat asing dari luar. Jenis-jenis mikroorganisme itulah yang mengeluarkan racun dalam tubuh si kecil dan selanjutnya menyebabkan tubuh menggigil. Jadi, menggigil bukan diakibatkan oleh panas itu sendiri dan tidak semua demam disertai gejala menggigil. Demam juga menyebabkan nafsu makan pada anak menurun dan rewel. (di kutip dari berbagai sumber)

Sebagai orangtua kita harus waspada jika demam terjadipada anak kita tidak kunjung reda dalam 72 jam, segera bawa ke dokter untuk diperiksa. Pengalaman yang saya alami beberapa waktu lalu membuat saya khawatir, bagaimana tidak, ananda Dzikri mengalami demam  40c tanpa ada tanda-tanda seperti flu, batuk, ataupun radang. Setelah 3 hari melakukan ‘home treatment’ kondisi demam tidak berubah, masih di suhu 40c dan hanya turun ke suhu 39,5c. Di hari ke-4 demam saya pun langsung memeriksakan ke dokter Huda Hilman Spa di RS Hermina Depok, langsung dirujuk untuk cek darah rutin, untuk memastikan apakah trombosit atau leukosit baik-baik saja, dan hasil lab semua bagus, karena tidak ada gejala batuk, pilek dan radang obat yang diberikan hanya penurun demam saja. Ke esokan harinya (demam di hari ke-5) demam masih di suhu antara 39,5-40,5c kembali saya ke dr huda, dan lansung cek typus, tapi hasil lab tersebut negatif. dr Huda hanya menyarankan tetap dilanjutkan pemberian obat demamnya, dengan harapan besok demam akan reda. Dihari ke-6 dan ke-7 demam ananda Dzikri belum berubah, kembali kontrol ke dr Huda di RS HGA  karena khawatir dengan demam yang terlalu lama. Akhirnya beliau langsung menyarankan untuk rawat inap, untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan Ananda Dzikri menjalani rawat inap, dan langsung cek darah crp. Hasil lab semua normal dan hasil crp pun baik-baik saja, penanganan ananda dzikri hanya dipantau demamnya (karena sudah terlalu lama) dan diberikan infus serta obat dari infus, malam hari demam reda suhu sudah 36,5c begitupun ke esokan harinya, karena hasil lab baik-baik saja dan demam sudah reda, siang harinya dr huda membolehkan pulang ananda Dzikri.

Setelah pulang dari RS HGA, sore hari kembali ananda Dzikri demam 40,5c dan demam tak kunjung reda, di kondisi ini daya tahan tubuh Dzikri sepertinya sangat turun dibanding kejadian demam pertama, tidak ada gairah, lesu, dan terlihat lemas dan nafsu makanpun makin susah begitu juga dengan asupan cairan. Pada demam ke-2 (setelah pulang dari RS) saya masih melakukan home treatment sampai hari ke-3. Dihari ke-3 demam setelah pulang dari RS kembali Ananda Dzikri kontrol ke dr Huda di RS Hermina, dan langsung disarankan untuk rawat inap kembali, Akhirnya Ananda Dzikri kembali menjalani rawat inap di RS HGA dan melakukan pemeriksaan CRP. Dari hasil lab CRP yang ke-2 inilah diketahui bahwa di dalam darah ananda Dzikri ada bakteri. Penangananpun dilakukan dengan pemberian antibiotik injeksi selama 7 hari. Alhamdulillah walaupun di RS sempat naik turun demamnya, di hari ke -5 perawatan suhu tubuh ananda Dzikri kembali normal, karena pemberian antibiotik injeksi ini harus 7 hari, maka perawatan ananda Dzikri dituntaskan sampai hari ke -7.

Bagaimanapun kondisi anak waktu sakit, kita sebagai orang tua harus tetap waspada dan memberikan penanganan yang tepat. Jika home treatment sudah dilakukan dan tidak ada perubahan segeralah membawa anak kita ke dokter. Semoga anak-anak kita selalu diberikan kesehatan, dijaga Akhlaknya dan bisa menikmati masa anak-anak dengan ceria ^_^

Selamat milad anakku semoga selalu diberikan umur yang berkah, kesehatan yang prima dan menjadi anak yang sholeh, bermanfaat untuk masyarakat (06 Mei 2011- 06 Mei 2014)

 

dzik

28 Maret 2014 RS HGA Depok

 

Rawat inap ke 2 RS HGA 31 Maret 2014

lepas infus

IMG_20140402_130259

Rawat inap ke 2 RS HGA 01 April 2014

 

 

2 thoughts on “Bakteri Dalam Darah

  1. anak saya 20bln jg saat ini sedang demam mba..39an trs stabil aja di 38an meski sudh bolak balik dikasih sanmol..ada batuk pilek tp tidk terlalu batpilnya..sudh hr ke 5 msh demam..sebelumnya juga sdh bolak balik demam tp cm 1 atau 2 hr sudah turun lalu demam lgi..2x cek darah bagus..cek CRP itu tmasuk dlm cek darah rutin nga ya mba..apa khusus ya..anak saya sudh cek full blood count tp sepertinya tdk ada CRP didalamnya..

    • dari pengalaman anak saya tempo hari, cek CRP bukan termasuk cek lab rutin mba, lebih banyak komponen yang harus diperiksa dan lebih mendetail, dan darah yang diambil lebih banyak (bisa 1 tube) dengan biaya yang lebih mahal dari lab rutin biasanya. Berdasarkan keterangan dr spa anak saya, biasanya dokter akan mengobservasi lebih lanjut jika demam sudah lebih dari 5 hari, salah satunya dengan pemeriksaan CRP tersebut, baiknya mba konsultasikan kembali ke dokter yang menangani anak mba, semoga ananda baik-baik saja ya mba ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s