Rumah Sakit Di Depok

Seiring dengan bertambahnya populasi penduduk Depok dan semakin meningkatnya kebutuhan akan kesehatan, sekarang di wilayah Depok sudah banyak sekali rumah sakit swasta, tentu hal ini dapat mengantisipasi meningkatnya kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Depok dan sekitarnya. Hampir di setiap wilayah Depok ada rumah sakit, tinggal kita yang menentukan akan mendatangi rumah sakit mana yang sesuai dengan keinginan kita, tentu dilihat dari sisi jauh dekatnya rumah sakit dari tempat tinggal, dokter yang praktek di rumah sakit tersebut, jenis pelayanan yang diterima/menerima asuransi, fasilitas dan masih banyak lagi pertimbangan ketika kita memutuskan memilih satu rumah sakit sebagai tempat berobat diri sendiri atau keluarga.

Saya pribadi yang pertama kali menjadi pertimbangan dalam menentukan rumah sakit tentunya pertama kali di lihat adalah dokter yang praktek, lalu melihat apakah rumah sakit  menerima jaminan asuransi dari tempat suami bekerja *harus dong, krn pengobatan sekarang mahal😉 dan pelayanan dari rumah sakit tersebut. Berikut adalah pengalaman saya berobat untuk keluarga saya di beberapa rumah sakit yang pernah saya kunjungi mulai dari kontrol kehamilan dan pengobatan keluarga saya :

Graha Permata Ibu/GPI

Termasuk dalam rumah sakit yang paliiiiiiiiiiiing dekat lokasinya dengan tempat tinggal saya. Jujur saya tidak terlalu sreg kalau berobat disini, kalau kondisi URGENT baru saya kesini, sampai saat ini hanya hitungan jari aja saya datang ke rs tersebut. Mengapa?

karena dokter anaknya nggak familiar buat saya, pernah coba hanya satu dokter anak yang sreg dihati saya (dalam hal komunikasi dengan dokter), setelah mencoba 2 dokter anak di GPI saya kembali lagi ke Hermina jika anak-anak sakit, walaupun hanya beberapa kali rawat jalan pilihan sebagai rawat inap juga pernah saya lakukan itupun waktu anak saya terpaksa harus rawat inap saya minta rujukan dari hermina untuk di rawat di GPI  karena anak2 masih kecil jadi mau cari tempat yang dekat biar gampang bolak baliknya, yang kedua waktu anak ke-4 saya terpaksa rawat perina karena kadar bilirubinnya tinggi, akhirnya GPI jadi pilihan itupun saya minta rujukan dari RS HGA dengan alasan yang sama : cari yang dekat, dan ketika anak yang pertama harus operasi Hernia, dengan alasan yang sama tentunya, cari yang dekat😀

Untuk berobat rawat jalan, di GPI harus banyak bersabaaaarrrrrr, terutama untuk jenis pembayaran via jaminan Asuransi (Lippo Medicare)….huhuhuhu nggak banget deh, saya enggak tau sistemnya di sana bagaimana, sistem antrian pembayaran bagaimana, karena pernah saya ke kasir untuk melakukan pembayaran (asuransi) tapi dilayani paling akhir, dari ruang praktek masih rame/keluar ruangan praktek dokter jam 20.30 dipanggil di kasir hampir jam 22.00 padahal yang antri di kasir itu nggak banyaaaakkk….huuwaaaaaa kapok banget deh kalau harus berobat di GPI, satu lagi yang membuat saya makin menjauhi GPI adalah Apotiknya nggak mau nerima resep yang bisa di HER/ulangan dari rumah sakit lain dengan alasan karena ada antibiotiknya,,,,padahal itu jelas-jelas resep yang bisa di ulang dari dokter anak di Hermina, akibat telat kasih obat ini, infeksi telinga anak saya kambuuuhhhh.😥

 

Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok

Jika Anda sebagai peserta jaminan asuransi, maka siapkanlah diri anda untuk banyak bersabaaaarr…..apalagi jika kondisi sedang ramai  ^_^ sistem di RS mitra ini sangaaaat bagus, semua sudah sistem komputerisasi, antrian pendaftaran sudah dipisah antara pendaftar melalui pembayaran pribadi dengan pendaftar melalui jaminan asuransi, hanya sajaaaaa, untuk pembayaran jaminan asuransi antrinya terlaluuuu lamaaaa, dan loket pendaftaran dengan loket pembayaran masih satu tempat. Satu lagi kekurangannya adalah, karena sistem komputerisasi, jika kita konsul ke dokter sepertinya dokternya terlalu cuek untuk mendengarkan keluhan pasien, karena dokternya fokus ke komputer yang ada di depannya sambil mengetik,,,jadi ada rasa gimanaaaa gituuuuu.  Tapi saya selalu ke RS MKD untuk konsul pengobatan anak saya yg paling kecil ke dokter spesialis THT  ^_^

 

Rumah Sakit Hermina Depok

Termasuk rumah sakit langganan mulai dari pemeriksaan kehamilan, melahirkan dan berobat anak-anak, saya suka dengan sistem pembayaran dan antriannya, nggak pake lama, kecuali antrian obat dan antrian dokter  yaaaaa…..😀 dan tentunya alasan ke rs Hermina adalah ada dokter Huda Hilman ^_^ walaupun orang lain pada  bilang antrian di dokter huda lamaaaaa, pasien banyak, tapi saya sukaaaaaa, beliau care, mau mendengarkan keluhan dan sistem pembayaran dengan jaminan asuransi nggak pake ribet dan nggak pake lama. Pernah ngalamin waktu melahirkan anak ke-4 naik kelas perawatan karena kelas jaminannya full😀

 

Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah (HGA)

Ini terpavoriiiiittt versi saya loohhh, memang dibanding ke 3 rumah sakit di atas, lokasi HGA ini yang terjauuuh dari tempat tinggal saya. Yang membuat saya suka adalah karena dr Huda juga praktek disini, dan antrian pasiennya nggak sebanyak antrian di Hermina.

Itu pengalaman saya membawa 4 anak saya berobat di beberapa rumah sakit, tentu pengalaman tiap orang berbeda-beda. Dan yang lebih penting adalah jangan menjadikan rumah sakit sebagai ‘supermarket’ yang sakit sedikit kerumah sakit, jadilah orang tua yang bijak dengan mengupayakan pengobatan dari rumah jika tidak dalam kondisi darurat, tetapi kalau dalam waktu 3 hari sakit/demam tidak ada perubahan segeralah menemui dokter dan yang lebih penting adalah bagaimana mengupayakan pola hidup sehat dalam keluarga agar tercipta keluarga yang sehat baik rohani dan jasmani ^_^ seperti pepatah ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’

Tinggalkan Balasan

