Netiket

Hampir semua orang pasti pernah berinteraksi di dunia maya, mulai dari mencari informasi yang ingin diketahui atau aktif di berbagai media sosial. Berkomunikasi di dunia maya tentu berbeda dengan komunikasi di dunia nyata, dimana di dunia nyata kita bisa langsung mengetahui keadaan seseorang apakah orang yang kita ajak bicara tersebut sedang emosi atau perasaannya sedang gembira, tentu hal ini bisa kita lihat dengan gaya dan intonasi ketika mereka bicara, tapi dalam dunia maya kita tidak berhadapan langsung dengan mereka sehingga kita tidak mengetahu keadaan emosi dan karakter seseorang , untuk itulah perlu adanya etika berkomunikasi dalam berinternet.

Saya tidak akan menyebutkan satu persatu apa sajakah netiket itu, karena banyak sekali tulisan yang membahas hal tersebut, silahkan tanya om google aja ya ^_^   Saya hanya menekankan beberapa hal yang harus di perhatikan :

Gunakan Huruf Kapital Seperlunya

Karena penggunaan karakter huruf bisa diartikan dengan suasana hati si penulis. Terlalu banyak menggunakan  huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan jika  dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan? Walau begitu, ada kalanya huruf kapital diperlukan untuk memberi penegasan maksud. Dengan catatan, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf.

Gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar

Percayalah ketika kita masuk dalam sebuah komunitas, kita akan bertemu dengan berbagai macam karakter orang, asal daerah yang berbeda, dan tidak semua usianya sama dengan kita, bisa lebih muda bahkan ada yang lebih tua. Untuk mempermudah dan saling menghormati dalam berkomunikasi sebaiknya gunakanlah bahasa Indonesia sesuai dengan EYD yang bisa di pahami untuk semua kalangan. Hindari penulisan dengan gaya alay dengan banyak mengkombinasikan huruf dan karakter dalam sebuah kalimat  dan hindari menyingkat kalimat yang tidak standar. Jangan membuat orang lain berpikir lebih lama untuk memahami apa yang sudah kita tulis.

Mari cintai bahasa nasional kita, bahasa Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s