Jangan Salah Pilih Sekolah Mengemudi

Masih mengenai belajar di RDC niiihh……*bukan marketing RDC yaaa,,,cuma karena puassss belajar di sana jadi pengen nulis RDC terus,,,terusss dan teruuuusss 😀

Akhirnya tidak sia-sia belajar di RDC, selain instrukturnya yang supeeeerrr sabar dan ramah, di RDC setiap kali pertemuan pasti selalu ada tips dan trik mengendarai mobil, safety driving, apa yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan….pokoknya banyaaaak deh ilmu yang kita dapat selama latihan, selain itu di tiap pertemuan ketika kita sudah selesai latihan akan ada riview/hasil penilaian saat latihan, apakah latihan saat itu kita lebih baik atau malah kurang baik, kekurangannya apa dan bagaimana yang seharusnya kita lakukan. Dan di akhir latihan kita akan mendapatkan raport penilaian tentang hasil akhir kita latihan secara keseluruhan dan wajib ditandatangani oleh peserta kursus. Satu lagi yang menjadi nilai plus dari RDC adalah kelas teori yang akan kita dapatkan selama 4 jam,,,eeeiiitttssss bukan teori bagaimana cara menginjak kopling/rem, cara pindah persneling dll , tapi teori tentang keselamatan bagi pengendara atau istilah yang kerennya Defensive Driving Theory.

Tapiiii….hati-hati ya temans, beberapa waktu lalu saya mencoba searching dengan kata kunci RDC kursus mengemudi, ternyata ada loh RDC Kw…..kenapa Kw? karena sekolah mengemudi tsb menggunakan singkatan RDC juga……setelah saya cek di website dan konfirmasi ke RDC, wilayah tersebut belum ada perwakilan RDC. jadiiii,,, pastikan website yang temans kunjungi adalah http://www.kursusmengemudi.com alamat kantor pusat RDC ada di Jl Raya Margonda No 184a Lt 2 Kemiri Muka Depok, Telp 02177201690

Berdasarkan pengalaman dari searching dengan kata kunci tersebut,  jangan sampai teman-teman salah pilih tempat yaaa,,bisa rugi waktu dan biaya😦 berikut adalah cara bagaimana kita memilih tempat kursus mengemudi yang baik ( beberapa saya copas dari komentar Pak Marcell Kurniawan, di salah satu blog mengenai belajar mengemudi…*maaf saya lupa blognya*

1. Jangan tertipu oleh harga program kursus yang murah, hitung kembali biaya2 yang tidak tercantum di brosur, seperti tips instruktur, AC, bensin, dll.. pastikan pilih yang harganya sudah all in dan tips tidak diharuskan namun hanya disarankan, karena biar bagaimanapun yang namanya tips itu sesuai dengan kerelaan dan kepuasan anda.

2. Lihat durasi pelatihan per sesi, jangan tertipu oleh sesi praktek yang terrlihat banyak, misalnya ada promosi 300rb untuk 6X praktek, kalau kita tidak jeli biasanya kursus mengemudi menerapkan 30 menit untuk 1 sesi, atau di promosi tadi anda hanya belajar 3 jam, jadi pilih yang hitungannya jam pelatihan. *pengalaman pribadi,,,untuk pertemuan 2 jam sehari aja kuraaaaanggg, serasa sebentar banget😀 makanya rugiiii banget deh kalau latihannya hanya 1 jam apalagi 30 menit

3. Lihat kurikulum & silabus program pelatihan. Apakah disana terdapat pengetahuan tentang meminimalisir resiko mengemudi, dengan selalu dapat mengidentifikasi, mengantisipasi dan menghindari setiap potensi laka, positif attitude saat mengemudi dan tentang UU lalu lintas, secara lengkap, bukan sekedar sempilan selama praktek. Jadi tidak hanya hard skill yang diajarkan namun juga soft skill *kalau cuma sekedar bisa nyupir,,,mending jadi supir angkot aja deh :p

4. Pastikan di awal anda praktek dimulai dari lapangan, karena kalau dimulai langsung dari jalan raya, anda sedang dibodohi oleh kursus mengemudi tersebut. di mobil praktek terdapat dual control yang tujuan utamanya adalah untuk mengontrol kendaraan saat emergency namun kebanyakan instruktur yang mengontrol laju kendaraan, jadi saat anda langsung mulai di jalan raya sebenarnya instrukturlah yang mengemudikan kendaraan tersebut bukan anda. Artinya anda tidak belajar mengemudi hanya menyewa mobil😛 *belajarnya di timezone ajaaaah kalau model latihannya seperti ini :p

6. Pastikan intruktur kursus mengemudi memberikan PR untuk pelancaran apa yang kurang saat sesi praktek kursus mengemudi di kendaraan pribadi anda, hal ini dapat membuktikan bahwa anda benar-benar bisa mengemudi bukan rekasaya instrukturnya. Serta terdapat sistem assessment dan penilaian yang jelas.

7. Jika metode belajar yang di tawarkan adalah Privat, pastikan apakah metode belajar privat benar-benar privat dan di perjalanan tidak ada penumpang lain selain diri kita dan intruktur.

8. Pastikan tempat awal kita datang latihan sama dengan tempat kita pulang (jangan sampai kita datang untuk latihan ke wilayah A, ternyata selesai jam latihan kita di turunkan di wilayah B) trus untuk kembali ke wilayah A kita harus menumpang dengan murid yg sedang belajar dan searah pulang dengan kita,,,,enggak banget deeeeehhhh, bener-bener di kibulin tuh :p

Semoga cara memilih tempat belajar mengemudi tersebut bisa membantu teman-teman….happy driving ^_^

2 thoughts on “Jangan Salah Pilih Sekolah Mengemudi

    • hai mbak bilqis, terima kasih sdh mampir yah🙂 maaf saat ini saya tdk tahu biaya terbarunya, karena belum lama di RDC ada penyesuaian biaya, mbak silahkan kontak langsung ke RDC saja, no telp sdh saya cantumkan di tulisan saya ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s