Pengalaman Belajar mengemudi mobil di RDC #1

AKhirnya RDC menjadi pilihan untuk tempat belajar mengemudi, dan sesuai kesepakatan instruktur yang dipilih adalah seorang wanita, paket yang diambil adalah Beginner Training Programme untuk mobil manual dengan durasi 14 x 60 menit (sekali pertemuan @2jam / selama 7 hari) plus 4 jam untuk kelas Defensive Driving Theory, *kelas teori inilah yang membedakan RDC dengan tempat kursus mengemudi lainnya, karena di tempat kursus lainnya teori tentang keselamatan ini tidak ada, jadi rata-rata mereka hanya praktek langsung tanpa di bekali dengan bagaimana menjadi pemudi yang baik ^_^ *  dan tujuan kelas teori ini adalah selain bisa mengemudikan mobil, di RDC kita akan diajak untuk memahami pentingnya memiliki sikap yang baik selama berkendara hingga berdampak pada keselamatan dalam berkendara🙂

Lanjuuuuttt,,,,ternyata untuk mendapatkan instruktur wanita memang sulit yaaa…..di RDC aja walaupun ada instruktur wanita harus antri, dalam arti harus menyesuaikan jadwal dari instruktur tsb karena setelah 10 hari dari pendaftaran belum mendapatkan jadwal latihan, padahaaalll udah kebeleeett bangeeet….but it’s okey….:D

Dapet SMS dari RDC aja untuk mengikuti kelas teori,, rasanya,, seneeeenggg banget :p  yup hari sabtu 14 September 2013 akhirnya mengikuti kelas teori di gedung Graha Asuransi Astra – Tb Simatupang….dan memang nggak rugiii deh, banyak ilmunya,,,apalagi buat kaum wanita😀

Selain dapet ilmu,,dapet hadiah juga :)

Selain dapet ilmu,,dapet hadiah juga🙂

Soooo…akhirnya yg ditunggu-tunggu…..dapet sms dari RDC, yg mengabarkan untuk mulai latihan….ayoooo kita mulaiiii…:D eeeiiitsss….saya tidak akan menuliskan step by stepnya seperti bagaimana injak kopling, bagaimana lewat tanjakan,,,,hanya apa saja yg saya pelajari saat itu, karena kalau mau cerita step by step cari sendiri aja deh di mbah gugel, buuuanyyyaaakkk :p

Pertemuan ke-1 (18 September 2013)

Sesuai jadwal, latihan dimulai jam 8 pagi – 10 pagi, oleh instruktur mba Rosa, langsung dibawa ke tempat latihan di area Grand Depok City Depok, naaahh bagian ini juga nih yg membedakan RDC dengan yg lainnya,  kalau di tempat lain kan begitu kita dapat jadwal kita langsung di suruh nyetir, langsung ke jalan raya lagi😦 kalau di RDC kita tidak langsung duduk di belakang stir, tapi kita jadi penumpang dulu dan di bawa ke tempat latihan ^_^

Setelah sampai di tempat latihan,  mba Rosi mulai mengenalkan ‘perlengkapan perangnya’ setelah saya cukup mengerti barulah tuker posisi, kemudi saya yg pegang ^_^, karena saya pemulaaaaa bangeet, tugas selanjutnya adalah menghapal jalur-jalur perpindahan gigi….dari 1 -5 dan harus hafal tanpa melihat. Jika sdh dikategorikan hafal baru deehh…jreeeeng, menjalankan mobillll…..dengan kecepatan di gigi 1-2 dan latihan stop and go. Setelah selesai saya pun di nilai oleh mba rosa bagaimana hasil latihan tadi,,,daaaan hasilnya……masuk kategori baik…horeeee,,,hanyaaa ada catatan kecil waktu putar balik😀 ——-> Tiap latihan kita akan diberikan penilaian, berupa satu lembar kertas yang harus di isi oleh instruktur kita bagaimana hasil latihan saat itu dan ditandatangani juga oleh siswanya

Pertemuan ke-2 (20 September 2013)

latihan kali masih di area GDC, latihan meliputi lewat jalan melingkar, stop and go di tanjakan, mundur dan putar balik….naaahh latihan ke 2 ini cukup berat, terutama di tanjakan yang harus berhenti dan jalan dan beberapa kali mesin mobil mati pada latihan tsb, kontrol stir kurang hingga jalan mobil zig zag, dan hasil penilaiannya adalaaahhh……hanya pengendalian mobil waktu melewati turunan yang nilainya baik….hahahhahaha

Pertemuan ke – 3 (23 September 2013)

Masih di area GDC, masih melewati jalan melingkar, latihan belok kanan-kiri di area parkir dengan gigi 1, 2, stop and go di tanjakan, dan putar balik….dan hasilnya….alhamdulillah…latihan ke 3 ini cukup baik, kontrol stri juga baik,,,hanya saja masih kurang kontrol waktu melewati jalan melingkar,,,,intinya bagus dan harus dipertahankan….:)

Pertemuan ke -4 (25 September 2013)

Latihan kali ini hanya pengulangan dan perbaikan dari latihan ke 2 dan ke 3, karena ada beberapa yang masih kurang, seperti jalan melingkar, jalan mundur, hanya saja ketika melewati jalan tanjakan plus stop and go di tanjakan tsb ditambah materi dengan penambahan menginjak gas dan kecepatan di gigi 3 …..masih lumayanlaaaahhh,,,,,belum stabil, walaupun sudah cukup baik🙂

Pertemuan ke -5 (25 September 2013)

Materi latihan di tekankan di arah putar balik, hehehehe….ternyata di area putar balik inilah kelemahan saya,,,,lambaat balikin stiiirrrr,,,,,dan satu lagiiii,,,saya itu panik kalau ada masalah mesin mati,,,,langsung byyyaaarrr …ilang semua hasil latihan yang kemaren2   :D

Setelah penguasaan di area ini dinilai sudah layak oleh mba Rosi, selanjutnya adalah,,,,,eeenggg iiingg eeenggg…..the real driviiiinggg,,,,ayo kita ke jalan, inilah saatnya menguji kemampuan yang di iringi dengan hati yang tak menentu dan berdebar-debar…#lebaaaayyy  :p #

Oya kenapa baru di hari ke 5 latihan di jalan raya?? itulah bedanya RDC dengan tempat belajar mengemudi yang lain #promosi.com  : P # di RDC kita akan dinilai apakah kita sudah layak untuk latihan di jalan sesuai dengan kemampuan kita sendiri, jika di nilai belum layak oleh instruktur, maka latihan akan di fokuskan pada kekurangan2 yang kita miliki sampai akhirnya kita bisa menguasai, jadi jika resiko kecelakaan kita masih besar kita akan di fokuskan untuk mengatasi resiko tersebut dengan tips dan trik yang mudah di pahami.

Tapiii jangan salah yaaa,,,di GDC latihannya juga di jalan raya, cuma tantangannya tidak sebanyak di jalan umum biasa, kalau di jalan umum pasti jalur 2 arah yang dipisahkan dengan cuma garis putih aja, jalannya kecil plus motoornya banyak,,,,,,,,, naaah di GDC ini kan walaupun 2 jalur tapi ada pemisahnya, jadi tantangannya sedikit, kalau mba Rosi bilang,,,jalur GDC sama dengan jalan Raya Margonda, pasti saya di jamin lulus kalau lewat margonda, yg belum teruji itu yaaa di jalan raya yg biasa :D

Lanjuuuutttt,,,,,,rutenya masih deket kok  dari GDC – Jl Raya KSU (sampe pertigaan ke arah depok-depok 2) cumaaaaa,,,,emang bener-bener harus konseeennn dan saya berhasil membuat mobil di belakang memberikan klaksonnnn karena mesin mati di tanjakan…  :D :D

Dan penilaian dari hasil latihan ini adalah konsentrasi saya kurang, jalan masih keluar jalur,,,,ini gara-gara ngalah sama motor :D masih suka salah injak rem dan gas, kalau ada kesalahan langsung panik,,,,jadi gara-gara panik ini konsentrasi langsung byaaarrr😥

Pertemuan ke -6 (2 Oktober 2013)

Karena hasil latihan ke jalan raya di pertemuan ke 5 kurang memuaskan, latihan kali ini hanya mengevaluasi kekurangan tersebut dan memperbaiki sampai saya benar-benar menguasi materi tersebut, intinya jika terjadi sesuatu jangan pernah panik!!  Harus tenang,,,,dan tarik nafas dalam-dalam😀 Sudah pasti dong,,,,penilaian kali ini sangat baiiikkkk,,,,kalau di GDC lantjar jayaaaaaa….:D

Pertemuan ke -7 (3 Oktober 2013)

Pertemuan terakhir ini pengulangan materi-materi sebelumnya, setelah ituuuu…praktek ke jalan raya lagiiiiii, rute GDC-KSU-Depok 2- Juanda-Margonda-RDC , seingata saya sepanjang jalan ini mesin tidak mati, jalan tidak keluar jalur, amaaan terkendali, selamat dan sehat sampai RDC  ^_^

Inilah yang di tunggu-tunggu,,,nilai akhir dari pertemuan 1 sampai 7, tapiiii saya lupa minta fotocopy hasilnya  saking senangnya berhasil sampai RDC dengan selamat, intinya :  jangan bawa mobil sendirian, harus di dampingi dulu, karena masih suka panik, penguasaan dan pengendalian mobil sudah baik dan stabil.

12 thoughts on “Pengalaman Belajar mengemudi mobil di RDC #1

  1. Mba, mau tanya, ak lagi nyari kursus mengemudi nih, kayaknya RDC bagus yah, cuma mau tanya apakah jadwalnya bisa flexible dan lebih dari 2 jam per pertemuan karena harus menyesuaikan jadwal cuti. Oh iya kira2 biayanya berapa + pengurusan sim? Thanks a lot

    • kalau penilaian saya pribadi, RDC Recomended dah ^_^ kalau jadwal mungkin bisa di komunikasikan dengan pihak RDC ya, biaya kursus di RDC macam-macam, yang saya tau ada 3 macam paket yg di tawarkan RDC :
      Beginner Training Programme (BTP)
      Khusus untuk yg benar2 pemulaaaaa banget, kaya saya😀, itu ada 3 jenis : Mobil Manual 10 Jam pertemuan Rp. 1.000.000, Manual 14 jam pertemuan 1.400.000,- plus definsive training 4 jam. Kombinasi Manual dan Matic 20 jam pertemuan (10 jam manual, 6 jam matic, defensive training 4 jam) Rp. 1.720.000,-

      Accelerate Training Programme(ATP)
      Ini untuk yg pernah belajar atau mau ngelancarin
      ATP basic packet manual 6 jam pertemuan 600.000, matic 720.000 plus definsive training 4 jam
      ATP advance package manual 10 jam pertemuan Rp. 1.000.000,- matic 1.200.000 plus definsive training 4 jam

      Intensive Training Programme
      kalau yg ini khusus untuk one day training, jadi belajar diselesaikan dalam satu hari, durasinya manual 8 jam rp. 1.000.000,- matic Rp. 1.100.000,- latihannya dari jam 8 pagi s.d jam 5 sore

      biaya pengurusan sim terpisah dari biaya tsb diatas, untuk KTP depok Rp. 500.000, KTP Jakarta saya nggak tau,,,heheheh kemaren cuma KTP depok aja yg saya tanya🙂

      Biaya tsb adalah biaya ketika saya mulai kursus, untuk lebih jelasnya silahkan hubungi pihak RDC, Semoga infonya bisa membantu yaaaa

    • mohon maaf, sampai saat ini saya belum tau cabang RDC bekasi, coba hubungi pihak RDC mungkin ada update cabang RDC yang terbaru ^_^

    • halooooo jugaaaaa ^_^ untuk biaya sudah ada di komentar saya dia atas, coba di scroll ke atas dikiiiit aja komentar-komentarnya ^_^ kalau untuk biaya yang up to date silahkan hubungi pihak RDC nya ya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s