Resep Sayur Daun Banci

Sejak awal motivasi saya membuat blog adalah untuk berbagi resep sayur banci yang saya buat waktu anak saya mengkonsumsi daun tsb untuk penyembuhan gangguan pencernaannya,,,karena banyak yang bertanya, bagaimana cara pengolahannya….berikut adalah resep untuk usia anak 6 bulan s.d 2 tahun

  1. siapkan 4-5 pucuk daun banci (15-20 lembar daun, untuk usia diatas 3 thn, lebih banyak daun yang dimasak lebih bagus) bersihkan, iris, lalu sisihkan (batangnya dibuang)
  2. garam secukupnya dan daun salam *lebih enak lagi tambahkan temu kunci*
  3. siapkan air +/- setengah cangkir, masak air sampai mendidih
  4. masukan daun banci, irisan bawang merah, bawang putih, salam dan lengkoas
  5. masak hingga 5 menit saja.
  6. Matikan api, angkat sayur, dinginkan sebentar
  7. blender sayur beserta airnya (irisan bawang dan bumbu lainnya lebih baik tidak ikut di blender)
  8. Berikan langsung ke anak

Resep Untuk bayi 0-6 bulan

*Cara 1

  1. siapkan daun kurang lebih 10 lembar
  2. air setengah cangkir
  3. daun salam
  4. masak daun dalam air mendidih, setelah dingin air rebusan bisa diberikan langsung ke bayi melalui pipet yang di arahkan ke pipi bagian dalam
  5. daun yg sdh direbus dimakan oleh ibunya

* Cara 2 :

sama seperti cara ke 1, hanya saja setelah rebusan sudah dingin langsung diblender dan disaring, setelah itu diberikan ke bayi dengan pipet

Catatan untuk resep usia 6 bulan – 2 thn tahun:

  • pemberian hanya sayur saja tanpa nasi (seperti minum jus)
  • konsumsi 1 hari 2 kali, pagi dan sore (masak pagi untuk di konsumsi pagi hari, masak sore untuk di konsumsi sore hari)
  • resep di atas untuk satu kali makan
  • selain di blender, untuk anak yang lebih besar bisa di masak seperti masak masakan keluarga (oseng, tumis, dicampur bubur tim dll*
  • Resep tsb untuk usia anak 2thn, silahkan sesuaikan sendiri jumlah daun banci yang akan di masak sesuai dengan umur masing-masing anak
  • Secara pribadi…..rasa sayur banci itu enak, tidak jauh beda dengan sayur bayam, tidak ada rasa pahit, mungkin lebih baik sebelum diberikan kepada anak ada baiknya sayurnya dicicipi dulu,,,,,biar nggak penasaran rasa sayur banci itu seperti apa……^_^  kali aja sayurnya kurang garam atau malah keasinan😀

Selamat mencoba dan semoga berhasil

//

12 thoughts on “Resep Sayur Daun Banci

  1. mbak, masih ada bibit ma daun bancinya gak…soalnya aku ada minta tolong ma temen dikirimin dauan bancinya, malah gak ada respon..aku butuh banget buat anakku yang suka sembelit. aku udah gak tau lagi mesti nyari kemana, kasian anakku umur 2,7 tahun..ssetiap sembelit aku mesti kasi obat pencahar..tolong aku mbak, please..oh iya mbak..nope berapa? namaku mimi, aku tinggal di mataram, NTB.

  2. Assalamu’alaikum mbak septa…saya lg nyari2 bibit daun banci untuk mengobati anak saya yg suka sembelit. Mbak masih punya bibitnya ga ya? Mohon info alamat rumah dan no tlpnya…makasih

      • mbak septa, anak saya sejak 2 bulan konsumsi asi jg susah pup nya, ke dsa dkasih obt pencahar..tapi klo ga mnum obat pencahar susah lagi pup nys..saya bisa beli bibit nya?alamat saya dicibinong? dan saya minta no hp mbak septa ya…makasii..

  3. Aslmkm,
    Mbak Septa… anak saya juga punya masalah susah bab, mbak masih ada bibit daun banci ny? saya bisa beli bibitnya? posisi saya di cikarang. saya juga minta nomer hp mbak. terimakasih

    • Wa’alaykumsalam wr wb. Untuk daerah Cikarang, coba hubungi mbak Lenny di Bekasi ya mas, saya email nomor telepon yang bisa di hubungi

  4. Assalammualaimum mba septa…

    Kalo saya mau daun ma bibit daun bancinya bisa pesan dimana ya mba?

    Domisili sy d depok. Terima kasih

    • Wa’alaykumsalam wr wb. maaf telat membalas komentarnya ya mba, no hp sdh saya kirim ke alamat email mba, silahkan di cek. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

