Arsip

Penginapan Disekitar Pondok Pesantren Husnul Khotimah Kuningan

Karena Kabupaten Kuningan termasuk daerah tujuan wisata, tentu banyak wisatawan yang datang berkunjung ke tempat tersebut. Dan bagi yang tidak mempunyai saudara/kerabat,  penginapan ataupun hotel menjadi pilihan sebagai tempat beristirahat setelah perjalanan jauh. Pada acara-acara tertentu,  penginapan  di sekitar Husnul Khotimah akan penuh jika kita tidak pesan jauh-jauh hari seperti yang pernah saya alami beberapa waktu lalu saat anak saya mengikuti test masuk dan saat mengantarkan menjadi santri baru di PonPes Husnul Khotimah. Ketika itu saya mendapatkan penginapan di Kota Kuningan dan di kota Cirebon, yang jarak tempuhnya…lumayanlah ^_^

Setelah mengetahui lingkungan di sekitar pondok, saya dan suami mencari informasi penginapan yang jaraknya dekat dengan pondok. Bahkan begitu dekatnya dengan pondok bisa dilakukan dengan berjalan kaki,,,,,,nggak repot dan lebih hemat :D  Tentu saja, harus booking terlebih dahulu yaaaa

Penginapan Al Fahmi 085724005559

Lokasinya ada di sisi kiri dekat jalan masuk Al Multazam, selain penginapan di sana juga menyediakan travel, tiket kereta api dll. Harga kamar bervariasi mulai Rp. 165.000,- s/d 200.000 bedanya ada TV dan nggak ada TV. Cukup jalan kaki kalau ke pondok

Penginapan Ibu Niarti 081395844551/08986927463

Lokasinya persis di depan lapangan parkir (sebelah kanan paling ujung dari gang masuk Husnul Khotimah) harga kamar Rp. 200.000

Rumah Sakinah 087744453953

Lokasinya di pinggir jalan Raya, harga kamar Rp. 200.000,-  di tempuh kurang lebih 5 menit dengan kendaraan roda empat, ada kolam renangnya. Pemiliknya bekerja di Husnul Khotimah.

 

Selain ke tiga penginapan tersebut, banyak kok hotel dan penginapan di daerah Kuningan yang dekat dengan Husnul Khotimah, tapi saya pribadi lebih suka dengan penginapan tersebut di atas , selain biaya lebih hemat tentu saja jarak tempuh yg dekaaaattt ^_^

 

***** catatan : harga kamar berdasarkan saat saya menulis catatan ini di blog

 

Rindu Kami……..

Ingin rasanya tanggal segera berganti menjadi tanggal 11 September 2014,,,,,,ingin rasanya malam segera berganti pagi,,,,,,ingin rasanya segera menyusuri jalur Pantura,,,,,sejuta rasa keinginan segera bertemu dan melihatmu,,,,ingin segera memeluk erat dirimu…..*pasti kamu akan menolak kalau di peluk..:p mendengar kisah pengalaman dan celotehmu selama 1 bulan di pondok…….sejuta rasa ingin segera bertemu dengan kekasih hati…… Semoga kamu menikmati lingkunganmu yang baru, semangat baru, teman-teman baru yang saling memotivasi dan saling mengingatkan……cinta kami, rindu kami selalu hadir dan ada untukmu…..kerinduan kami yang membuncah segera terobati dengan pertemuan yang dinanti….. Tetap semangat anakku,,,,,,doa kami selalu ada untukmu….,bersunggung-sungguhlah, maka kamu akan sukses.

Surat maira untuk uda Hanif

Surat maira untuk uda Hanif

kerinduan yg terobati ....Love this moment ^_^

kerinduan yg terobati ….Love this moment ^_^

Selalu ada do’a untukmu…….

Doa Ibunda Imam Syafi’i : Ya Allah Tuhan yang menguasai seluruh Alam, anakku ini akan meninggalkan aku untuk berjalan jauh, menuju keridhaanMu. Aku rela melepaskannya untuk menuntut ilmu peninggalan pesuruhmu. Oleh karena itu aku bermohon kepadaMu ya Allah permudahkanlah urusannya, peliharakanlah keselamatannya, panjangkanlah umurnya agar aku dapat melihat sepulangnya nanti dengan dada yang penuh dengan ilmu yang berguna.”

Doa Abi dan Ummi akan selalu menyertai tiap langkah-langkah kaki ananda Hanif Az Zahid dalam menuntut ilmu, ingatlah, selalu ada Allah SWT yang menemani baik suka ataupun duka….ya, selalu ada Allah, Allah dan Allah lagi……

Selamat menuntut ilmu anakku, ingatlah selalu pesan dari Imam Syafi’i :

Pergilah (merantaulah) dengan penuh keyakinan, niscaya akan engkau temui lima kegunaan, yaitu Ilmu Pengetahuan, Adab, pendapatan, menghilangkan kesedihan, mengagungkan jiwa, dan persahabatan.

Sungguh aku melihat air yang tergenang membawa bau yang tidak sedap. Jika ia terus mengalir maka air itu akan kelihatan bening dan sehat untuk diminum. Jika engkau biarkan air itu tergenang maka ia akan membusuk.

Singa hutan dapat menerkam mangsanya, setelah ia meninggalkan sarangnya. Anak panah yang tajam tak akan mengenai sasarannya, jika tidak meninggalkan busurnya.

Jika engkau tinggalkan tempat kelahirnmu, engkau akan menemui derajat yang mulia ditempat yang baru, dan engkau bagaikan emas sudah terangkat dari tempatnya.

hk

hk6

hk3

mengantarmu dengan ceria dan meninggalkanmu dengan ceria

mengantarmu dengan ceria dan menitipkanmu di HK dengan ceria

hk5

Jakarta – Padang via jalur Lintas Tengah

Lebaran 1435H kami merencanakan pulang kampung, biasanya di musim lebaran harga tiket pesawat harganya melonjak tinggi, bagi kami yang jumlah anggota keluarga banyak tentu masalah biaya adalah masalah utama tiap kali hendak pulang kampung :D Tapiiiii namanya niat untuk bersilaturahim dengan orang tua/mertua pastinya ‘tiada rotan akarpun jadi’ ^_^ pilihan menempuh jalur darat adalah pilihan terbaik pada saat high season, walaupun bagi sebagian orang, kalau di hitung-hitung dengan biaya makan dan bensin masih lebih murah naik pesawat, tapi bagi kami justru pilihan lewat darat dengan membawa mobil sendiri dengan jumlah anggota keluarga 6 orang tentu masih jauuuuuuuh lebih menghemat biaya di bandingkan naik pesawat ^_*

Kalau di tahun sebelumnya kendaraan yang di bawa adalah mobil sewa, kali ini Alhamdulillah sudah tidak perlu sewa mobil lagi…..dan tentunya bisa lebih menghemat biaya….waktu kami sewa mobil untuk pulkam biaya masih lebih hemat dibandingkan jika kami naik pesawat, apalagi bawa mobil sendiri….pastinya jauuuuh lebih hemat #emak-emak nggak mau rugi :D

Pulang kampung lebaran 1435H ini adalah perjalanan ke dua kali bersama anak-anak melintasi pulau sematera melalui jalur darat, berbekal pengalaman saat pulang di tahun 1432H yang pada saat itu kami berangkat H-4 dan mengalami macet total di tol merak selama hampir 20 jam, maka di lebaran kali ini kami mencoba trik baru, kami berangkat pada saat lebaran hari pertama, setelah sholat Idurl Fitri seperti biasa kami berkumpul dengan keluarga besar saya, setelah itu baru menuju merak daaaaannnnn jalanan saat itu lancaaar jayaaaaaaaa sampai merak dan penyebrangan pun laaaancaaarrrr merdekaaaaa ^_^

Jalur yang kami pilih adalah jalur lintas tengah, walaupun lebih jauh di banding lintas timur, entah kenapa kami lebih suka jalur lintas tengah,,,mungkin karena lintas tengah ini lebih banyak rumah makannya di banding lintas timur :D Kondisi jalur lintas tengah saat ini muluuuuussss, kondisi lintas timur yg saya dengar juga infonya muluuuusss. Memang jalur lintas tengah ada beberapa titik jalan yang rusak, seingat saya hanya ada 2-3 titik (lampung dan sorolangun)

Jarak tempuh di mulai dari Jakarta, Jakarta-Merak =120 km, Bakauheni-Kalianda = 24 km, Kalianda-Bandar Lampung = 65 km, Bandar Lampung-Terbanggi Besar = 71 km, Terbanggi Besar-Kotabumi = 48 km, Kotabumi-Baturaja = 183 km, Baturaja-Tanjung enim = 135 km, Tanjung enim-Muara enim = 18 km, Muara enim-Lahat = 47 km, Lahat-Lubuk Linggau = 157 km, Lubuk Linggau-Sarolangun = 220 km, Sarolangun-Bangko = 150 km, Bangko-Muara Bungo = 115 km, Muara Bungo-Gn. Medan = 90 km, Gn. Medan-Kiliranjao-Solok = 138 km, Solok-Padang = 54 km. Total Jarak Tempuh = 1635 km.

Provinsi & Kota / daerah yang dilewati Jalur ini:
1. Provinsi Lampung (Bakauheni, Kalianda,Tarahan, Panjang, Tj. Karang, Teluk Betung, Rajabasa, Branti, Metro, Bandar Jaya, Terbanggi Besar, Kotabumi, Bukit Kemuning)
2. Provinsi Sumatera Selatan (Martapura, Batu Raja, Tanjung Enim, Muara Enim, Lahat, Lubuk LInggau)
3. Provinsi Jambi (Sarolangun, Bangko, Muara Bungo)
4. Provinsi Sumatera Barat (Sungai Rumbai, Gn.Medan, Sungai Dareh, Kiliranjao, Muara Sijunjung, Muara Kalaban, Solok, Padang).

Alhamdulillah perjalanan pergi dan pulang aman dan lancar, dan yang paling penting adalah saya tidak mabuk darat dan laut…hahahaha

Di pelabuhan Bakaeuheni tidak mengalami antrian langsung blasss,,,nunggu cuma 15menit

Di pelabuhan Merak tidak mengalami antrian langsung blasss,,,nunggu cuma 15menit

bangku mobil baris ke 2 di lipat, dijadikan tempat tidur, bawa cd film kartun dan lagu anak-anak biar di jalan nggak bosan

jangan lupa bawa pop mie buat sarapan paginya selama perjalanan, thermosnya jugaaa,,,lumayaaaaan iriiiitttt, makan siang dan malam di rumah makan :)

jangan lupa bawa pop mie buat sarapan pagi selama perjalanan, thermosnya jugaaa,,,lumayaaaaan iriiiitttt, makan siang dan malam di rumah makan :)

antrian pulang di pelabuhan bakaeuheni normal

antrian pulang di pelabuhan bakaeuheni normal

The Mirah Hotel

Menginap di Mirah sepulang dari Taman Safari juga tanpa di rencanakan, karena sesuatu hal akhirnya di putuskan untuk mencari penginapan.  Kalau keinginan anak-anak, mereka maunya di Hotel Seruni, tapi untuk hari itu kamarnya full :'( akhirnya di carilah penginapan di daerah Bogor, itupun banyak yang full booking. Karena ini adalah kali ke dua saya dan keluarga menginap di  Mirah, seingat saya, dulu hotel ini namanya bukan The Mirah Hotel, tapi Hotel Mirah…teteeeppp sama-sama ada Mirah nya :P

Kamar yang dipesan adalah tipe deluxe twin bed, satu kebiasaan buruk saya adalah….nggak sempet foto-foto kamar untuk dokumentasi pribadi,,,begitu masuk kamar anak-anak langsung menyerbu tempat tidur dan menjelajah kamar mandi, jadi langsung hancur lebur berantakan kamarnya :D Waktu pertama kali kami ke sana, kamar kami berada di gedung lama, kali ini kamarnya berada di gedung baru. Kamarnya bersih dan luas, seperti gedung yang lama, di gedung baru juga terdapat balkon sehingga kita bisa santai di luar atau sekedar melihat suasana kota bogor walaupun yang keliatan dari balkon cuma factory outlet ajah..hihihihi. Oya letak The Mirah ini memang sangat strategis, dekat kemana-mana, mau cari oleh-oleh deket, mau cari macaroni panggang juga dekeeettt, pie apple apalagi, pokoknya bakalan dimanjakan dengan kuliner kota Bogor deh ^_^

Dan yang paling di sukai anak-anak adalah naik delmaaaaaannnn…yap dari pihak hotel di sediakan delman gratis khusus buat tamu hotel…..lumayaaann bisa keliling seputaran hotel, bagi anak-anak naik delman adalah pengalaman yang seru karena jarang-jarang mereka naik delman :D

 

mirah

 

Ke Taman Safari

Sebenarnya nggak ada rencana sama sekali buat pergi ke Taman Safari, tapi begitu mendengar Nek Nani mau pergi ke Cibodas dengan rombongan yang saya nggak tau juntrungannya, mulailah saya berfikir yang macam-macam,,,sebenarnya sih cuma khawatir aja dengan kesehatan si nenek. Akhirnya dengan rencana mendadak dipilihlah Taman Safari sebagai tujuan jalan-jalan, selain memang untuk mengalihkan kepergian Nek Nani ke Cibodas juga mengajak anak-anak yang sudah lamaaaaaaaaaa nggak ke Taman Safari, terakhir ke sana waktu Maira berumur 2,5 thn ^_*

Sabtu 14 Juni 2014 ba’da Subuh kami berangkat menuju Taman Safari, hihihihi kebiasaan si Abi nih kalau ada rencana pergi maunya berangkat pagi-pagi, biar nggak macet dan sampainya lebih cepat, jadi biar agak santai gituuuuu…:) dan pastinya jalanan lancaaaarr jayaaaa,,,,,jam 06.45 kami sudah masuk daerah cisarua, karena belum sarapan dan Taman Safari baru buka jam 08.30 pastinya cari sarapan dulu dong,,,,biar kenyang akhirnya sarapan di KFC.

Setelah urusan perut selesai, perjalanan dilanjutkan, sebelumnya beli wortel dulu, buat kasih makan binatang-binatang disana, padahal udah ada larangan untuk memberi makanan buat binatang, tapi emang ngegemesin sih liat binatang-binatang tersebut mendekati mobil kita…hehehe maaf ya pak/bu agak melanggar peraturan dikit nih. Dan tetap saja begitu sampai di gerbang masuk, pintu loketnya belum di buka, 15 menit lagi, padahal sudah banyak juga yang antri masuk. Tepat jam 08.30 loketpun di buka,,,,penjaga loketnya On Time ^_^ Sepertinya saya baru tahu, tiket yang dibeli sekarang adalah tiket terusan, artinya setalah kita berada di arena permainan, kita dibebaskan untuk bermain permainan yang ada di sana, tiap satu permainan maksimal hanya satu kali. Jadi waktu kita beli tiket, kita akan diberikan sebuah gelang yang diharuskan dipakai selama berada di arena Taman Safari, kalau kita mau naik permainan, gelang tersebut akan di scan barcode. Tapi untuk wahana 4D, Rumah Hantu, Kereta Keliling, mobil keliling kita di wajibkan membeli tiket berwarna merah/pink yang bisa dibeli di loket dekat baby zoo.

Harga tiket terusan untuk dewasa Rp. 140.000,- anak-anak 5th ke atas Rp. 140.000,- anak-anak 1-5 thn Rp. 130.000,- dibawah 1 thn gratis, dan mobil Rp. 15.000. Tapi sayangnya waktu kami menyaksikan pertunjukan gratis lumba-lumba dan cow boy listrik di sana beberapa kali mengalami gangguan, agak kecewa siiiihhh, apalagi pertunjukan lumba-lumba selain listrik mati sebagian rombongan anak sekolah sudah meninggalkan tempat pertunukan yang belum selesai karena mengejar jadwal show cow boy. Begitu juga di arena pertunjukan cow boy, beberapa kali listrik mati dan pertunjukan di tunda, sampai akhirnya ada permohonan maaf jika pertunjukan tidak dapat dilanjutkan karena listrik mengalami gangguan :'( yang penting sih Nek Nani dan anak-anak senang ^_^

safari

 

Hari ke- 3 di Singapore

Hari terakhir di Singapore kami merencanakan mengunjungi Sentosa Word Resort/Universal Studio Singapore, cari oleh-oleh coklat di Mustafa Centre dan pernak-pernik di Chinatown……sebenarnya waktu untuk mengunjungi ke tiga tempat tersebut sangat cukup, mengingat tiket pulang Air Asia kami adalah jam 22.00. Tapi di tengah jalan di putuskan untuk mencoret Chinatown dari list yang harus kami kunjungi dengan pertimbangan kondisi kesehatan orang tua kami.

Karena waktu check out penginapan kami jam 12.00 dan kami harus berangkat pagi-pagi tanpa harus membawa tas, maka suami meminta ijin kepada pengelola penginapan untuk menitipkan tas-tas tersebut, dan tralaaaaa pihak penginapan mengijinkan tas-tas tersebut di titip di lobi yang akan di ambil kalau kunjungan kami tersebut sudah selesai, free ! :)

Jam 08.00 kami keluar dari penginapan menuju USS menggunakan MRT, targetnya sih cuma foto-foto aja di sana, terutama di bola dunianya, tempat narsis sejuta umat :D :D  secara bermain di wahana USS tidak masuk dalam list wajib. Daaannn saatnya berburu coklaaaaattttt….yah perjalanan di lanjutkan ke Mustafa Centre ^_^ sebelum perburuan di mulai kami sholat Zuhur di Masjid dekat Mustafa plus leyeh-leyeh meluruskan kaki ;) rejeki nggak kemana, entah ada acara atau memang kebiasaan salah satu etnis disana, begitu selesai ada satu kelompok yang sedang tahlil, setelah selesai panitia memberikan bungkusan kecil kepada semua jamaah yang ada di masjid,,,,lumayaaaaan porsinya besaaarrr, cukup mengenyangkan dan bisa hemat biaya makan siang :D

Setelah selesai kami langsung menuju penginapan, di hari terakhir kami mencoba naik bis dari Mustafa, mau liat jalan raya di Singapore, karena selama di Singapore selalu menggunakan MRT,,,serasa jadi tikus hiihihihi. Kurang lebih 20 menit kami sampai di halte dekat lavender, ternyata dekeeettt trus langsung deh ke penginapan ambil tas-tas dan packing oleh-oleh :D

Pengalaman berharga bagi anak-anak di Singapore adalah melihat ketertiban dalam berlalulintas, tertib antri, tertib menjaga kebersihan dan satu hal yang paling di senangi anak-anak adalah ketika menyebrang di zebra cross yang tidak ada lampu merah……semua mobil berhenti dan dengan sabar menunggu orang yang hendak menyebrang jalan, anak saya Dzkiri dan Maira sangat menikmati sensasi yang satu itu :D :D dengan pe-de dan beraninya menyebrang sendiri tanpa mau di dampingi ^_^

Jam 18.00 kami sudah tiba di Changi, sebelum check in kami makan malam di KFC, niatnya mau mencari menu nasi putih,,,,,ternyata tetap menunya  itu nasi lemaaaakk,,,,huhuhu kangen sama nasi putih :( setelah urusan check in dan imigrasi selesai kami langsung menuju ruang tunggu…..menunggu datangnya pesawat Air Asia yang akan membawa kami pulang kembali ke Jakarta, kota tercinta…….karena Indonesia di mata kami jauuuuuuhhhh lebih indah dengan segala ke anekaragamannya, budaya, bahasa, makanan dll. I Love Indonesia ^_^

us

uss

uss2

uss1

Makan siang gratis, makanan khas India, isinya daging sapi, persis seperti martabak telur, hanya lebih pedas dan dagingnya lebih mendominasi....enak deh :)

Makan siang gratis, makanan khas India, isinya daging sapi, persis seperti martabak telur, hanya lebih pedas dan dagingnya lebih mendominasi….enak deh :)